5 Tips Aman Ketika Road Trip Di Tengah Pandemi Covid-19


 2020-09-24 |  Root

Trave di era new normal untuk sebagian kalangan memang masih diragukan. Tapi buat kamu yang sudah rindu sekali untuk melakukan perjalanan, ada tipe traveling yang direkomendasikan untuk kamu nih, yaitu Road Trip. Tenang, ada tips-tips untuk road trip aman di tengah pandemi virus corona.

Pertimbangkan Segala Resikonya

Tips pertama sebelum kamu berangkat menjalani road trip – ada satu langkah di mana kamu sudah benar-benar mesti memperhitungkannya dan memahaminya dengan baik. Seperti yang sudah sempat disebutkan di atas, pergi ke luar rumah atau traveling ke sebuah tempat tentu memiliki resiko tersendiri terkait infeksi virus corona.

Oleh karena itu, kamu mesti mempertimbangkan segala resiko yang ada. Pertimbangan ini termasuk saat memilih daerah atau kawasan mana saja yang mau dikunjungi. Kamu bisa mencari tahu apakah target destinasi kamu berada di zona aman, atau bahkan zona merah dan zona hitam.

Menyiapkan Berbagai Peralatan Kesehatan

Walau kamu akan berada di dalam mobil untuk beberapa waktu saat menjalani road trip – kamu tidak bisa menyepelekan segala peralatan kesehatan yang mesti kamu miliki dan bawa. Lebih baik kamu persiapkan dari awal berbagai perlengkapan itu.

Sebut saja masker (tentu jumlah yang kamu bawa bisa disesuaikan dengan jumlah orang yang ikut road trip dan berapa lama kamu akan melakukan perjalanan tersebut), hand sanitizerface shield, sarung tangan, cairan disinfektan dan lainnya.

Berbagai peralatan kelengkapan itu mesti kamu bawa ke manapun kamu pergi. Ingat, mencegah sangat lebih baik daripada nanti mengobati.

Pastikan Peserta Road Trip Tidak ada yang Sakit

Jika seluruh perlengkapan sudah siap berada di dalam mobil, kini tips selanjutnya yang bisa kamu pastikan adalah tidak ada peserta road trip yang ikut dalam perjalanan dengan keadaan tidak fit bahkan sakit. Jika ada, pastikan ia tidak ikut dalam perjalanan kamu.

Eliminasi Tempat-Tempat Untuk Mampir

Untuk mengisi bahan bakar kendaraan, tentu kamu harus mampir ke pom bensin. Namun cukup mampir ke sana saja dan tidak mampir ke tempat-tempat lainnya ya. Memang sih mengasyikan, tapi kamu perlu mengeliminasi kebiasaan ini terkait dengan pandemi virus corona ini.

Jika kamu merasa lapar atau haus – lebih baik kamu sudah persiapkan bekal untuk perjalanan sehingga kamu bisa makan dan minum di dalam mobil saja.

Waspada Di Fasilitas Umum

Seperti yang tadi sudah dijelaskan – mampir ke pom bensin boleh-boleh saja. Namun namanya fasilitas umum di tengah pandemi seperti ini, tidak salah kalau kamu tetap waspada di sana. Seperti terus menggunakan masker, saling menjaga jarak dan pastikan kamu tidak mudah sentuh permukaan barang yang ada di fasilitas umum tersebut.

Jika iya, kamu mesti membawa hand sanitizer untuk memastikan tangan kamu tetap bersih dan ingat jangan mudah menyentuh bagian muka ketika kamu tahu tangan kamu belum bersih.