PENGELOLAAN KOLEKSI MUSEUM ANJUK LADANG


 2020-07-17 |  Root

Pengelolaan koleksi adalah serangkaian kegiatan yang menyangkut berbagai aspek kegiatan, dimulai dari pengadaan koleksi, registrasi dan inventarisasi, perawatan, penelitian sampai koleksi tersebut disajikan di ruang pamer atau disimpan pada ruang penyimpanan. Bangsa Indonesia mempunyai latar sejarah yang sangat panjang, dimulai dari masa Prasejarah sampai dengan masa kolonial.

Dan Petugas Pengelola Museum Anjuk Ladang melakukan Inventarisasi Koleksi Museum. Kegiatan pendataan ini  dilkasanakan pada Rabu, 15 Juli 2020 dan akan terus berkelanjutan.

Koleksi museum merupakan bagian penting di museum sehingga perlu didata dan diadministrasi. Untuk kepentingan tersebut Museum Anjuk Ladang melaksanakan kegiatan Inventarisasi Koleksi Museum (pendataan Koleksi). Pendataan koleksi bertujuan untuk memberikan identitas awal pada setiap koleksi museum, dan untuk memudahkan pengelolaan koleksi museum yang berkaitan dengan pelayanan publik. Pendataan koleksi ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan pengampu jabatan administrasi koleksi.

 Koleksi yang dimiliki oleh museum-museum disajikan dalam rangka mencerdaskan bangsa, sabagai sarana edukasi dan informasi, disamping aspek rekreatif. Hal tersebut penting terutama dalam rangka memberikan gambaran tentang latar belakang perkembangan kebudayaan manusia masa lalu. Koleksi-koleksi yang berupa peninggalan sejarah dan purbakala tersebut mempunyai nilai penting dalam memperkokoh ketahanan budaya, memperkuat jatidiri bangsa serta kebanggaan nasional. Oleh karena itu, perlu dijaga kelestariannya agar dapat diteruskan kepada generasi mendatang.