Gelar Seni Budaya Daerah Jawa Timur Tahun 2019


 2020-07-09 |  Root

Semenjak pandemi Covid-19, kegiatan apapun dan tempat-tempat wisata ditutup untuk sementara waaktu ini.

Disparporabud Kabupaten Nganjuk mengikuti acara tahun lalu saat  Gelar Seni Budaya Daerah Jawa Timur Daerah Tahun 2019. Yang bertemakan “Nganjuk Nyawiji Memayu Hayune Nagari” bertempat di Pandapa Jayengrana Taman Budaya Jawa Timur.

Gelar Seni Budaya Daerah Jawa Timur merupakan salah satu upaya Pemprov. Jatim untuk melestarikan, mengembangkan, meningkatkan kualitas, sekaligus sebagai ajang promosi budaya lokal yang ada di Kabupaten / Kota se Jatim.

Disamping menggerlar berbagai seni pertunjukan, juga dipamerkan berbagai macam produk unggulan kas Kabupaten Nganjuk serta potensu Pariwasata dan pernik-pernik lainnya. Acara ini untuk memnambah wawasan dan pengetahuan tentang budaya dan pariwisata yang ada di Kabupaten Nganjuk.

Dalam acara ini yang digelar pada Jumat 12 Juli 2020, diawali degan sajian berupa Taru “Maheswara Swatantra Anjuk Ladang”. Setelah seremonial pembukaan acara dilanjutkan dengan sajian lagu daerah Kabupaten Nganjuk “Kidung Nyawiji” dan tari “Woro Genjong”.

Acara ditutup dengan drama tari “Babat Bumi Anjuk Ladang” sebagai pamungkas pergelaran hari pertama. Hari Sabtu pagi di selenggarakan lomba menghias gelas untuk keluarga dan pertunjukan kesenian Jaranan. Dilanjut pada malam harinya pertunjukan Tayub yang juga khas Kabupaten Nganjuk.

Turut hadir Wakil Bupati Nganjuk  Dr., Drs., H. Marhaen Jumadi SE., SH., MM., M.Ba atau Kang Marhen pada acara tersebut dan menerima cindera mata dari Pemprov Surabaya.