Pesona Sungai Kedungbata, Kali Purba Di Balongrejo Bagor


 2020-07-24 |  Root

Kepala Disparporabud Ir. Fadjar Judiono, M.Si, Sekdin Itsna Shofiani, ST,MT, Kasi Sejarah Museum dan Kepurbakalaan  Amin Fuadi, SE, MM beserta anggota lainnya meninjau lokasi Sungai Purba Kedungbata.

Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga dan Kebudayaan memastikan Sungai Purba Kedungbata yang ada di dusun Kepuhtelu, desa Balongrejo, Kecamatan Bagor benar-benar  sungai purba yang berumur ribuan tahun  silam.Sungai ini berlokasi di tengah hutan jati, banyak ditemukan peninggalan purba. Terdapat banyak jenis bebatuan dan lokasi sungai.

Sungai ini berbatasan antara wilayah Kecamatan Bagor dengan Kecamatan Berbek banyak ditemukan bebatuan hasil dari pengerasan lahar dingin bercampur dengan batu andesit dan kerikil. Diperkirakan batu-batu tersebut berumur ribuan tahun silam akibat dari letusan gunung wilis.

Yang membuat menarik di sungai ini adalah penghubung sungai-sungai itu sendiri dan menarik untuk dijadikan tempat wisata. Didukung dengan air dengan kondisi yang bagus dan suasana indah sepanjang aliran sungai.